CERAMAH

Jumat, 01 April 2011
Hakikat dakwah Islam pada dasarnya adalah menyerukan apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhkan semua yang dilarang-Nya. Masalah langkah teknis dan strategi dakwah itu sendiri sepenuhnya diserahkan bagi para da’i untuk ‘berijtihad’ dengan mempertimbangkan aspek-aspek kontemporer yang dihadapi oleh dakwah Islam itu sendiri. Secara sederhana, posisi peran da’i adalah berkontestasi dalam berbagai ranah yang ada untuk memenangkan dakwah Islam ini.
Hasan al-Banna dalam Risalah Pergerakan menulis bahwa hakikat dakwah karakter dakwah Islam adalah Rabbaniyah ‘Alamiyah. Dikatakan rabbaniyah karena hakikat dakwah Islam ini adalah memperkenalkan manusia kepada Rabbnya. Dimensi materi bukan menjadi orientasi utama dari dakwah Islam ini, melainkan sebuah ketunduk-patuhan kepada Allah SWT sebagai Rabb semesta alam. Namun, bukan berarti dakwah Islam menegasikan eksistensi materi. keberadaan materi hanyalah orientasi pengantara yang ditujukan sebagai sarana dalam membangun hubungan transendental yang mengikat manusia sebagai hamba kepada Allah tabaraka wa ta’ala.
Sementara itu, dikatakan ‘alamiyah karena dakwah Islam ditujukan bagi manusia secara keseluruhan. Dakwah Islam yang diwariskan oleh Nabi saw memiliki orientasi pada pembinaan manusia, tanpa memandang perbedaan-perbedaan fisik dan regional. Dakwah Islam tidak hanya dikhususkan bagi masyarakat lokal Arab di jazirah timur tengah. Namun, jauh dari batasan sempit tersebut. Dakwah Islam dikhususkan bagi seluruh masyarakat dunia, yang meliputi berbagai ras dan etnik, di berbagai penjuru dunia. Dengan pandangan ini, tidak ada alasan, terlebih tuduhan, bahwa dakwah Islam merupakan agenda rasial yang hanya ditujukan pada golongan tertentu dari umat manusia ini.
Karena ditujukan kepada manusia, maka dakwah Islam ini bukan ajaran normatif yang tidak dapat direalisasikan dalam kehidupan manusia. Konsep dakwah Islam bukanlah nilai ideal yang abstrak yang jauh dari realitas kemanusiaan. Dakwah Islam merupakan seruan yang realistis dan acheivable bagi manusia. Hal tersebut tampak telah dibuktikan di masa Nabi saw, yang mampu mengimplementasikan secara sempurna ajaran-ajaran rabbaniyah Islam dengan kapasitasnya sebagai manusia biasa. Di sini, dakwah Islam memiliki tujuan untuk membina manusia dengan karakter kemanusiaannya dalam panduan nilai-nilai ilahiyah. Konsep Rabbaniyah ‘Alamiyah inilah yang seharusnya menjadi basis gerakan dari dakwah Islam dalam menghadapi setiap tantangan di setiap masanya. Klik Untuk lebih Lengkap dan Dauwnlaud.

0 komentar:

Posting Komentar