ISLAM DAN PERUBAHAN MASYARAKAT

Senin, 07 Maret 2011
ISLAM DAN PERUBAHAN MASYARAKAT

A. Arti Islam


        Islam adalah agama yang berdasarkan pada ketundukan terhadap aturan Allah. Islam adalah agama penghambaan kepada Allah, yang mencipta, mengatur, memelihara alam semesta.Bila dicari dari asal katanya, Islam berasal dari kata aslama yang merupakan turunan dari kata assalmu,assalamu,assalamatu yang artinya tunduk dan patuh,bersih dan selamat dari catatan lahir batin. Dari asal kata ini dapat diartikan bahwa dalam Islam terkandung makna suci, bersih tanpa cacat atau sempurna.Kata Islam juga dapat diambil dari kata assilmu yang berarti juga perdamaian dan keamanan. Dari asal kata ini Islam mengandung makna perdamaian dan keselamatan, karena itu kata asslamu'alaikum merupakan tanda kecintaan seseorang muslim kepada orang lain, yang selalu menebarkan doa dan kedamaian kepada sesama.
        Pengertian Islam secara terminologis sebagaimana diungkapkan Ahmad Abdullah Almasdoosi bahwa Islam adalah kaidah hidup yang diturunkan kepada manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna diturunkan ke permukaan bumi ini.
         Dari defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada manusia melalui rasul-rasul-Nya, yang berisi hukum-hukum yang mengatur hubunggan manusia dengan Allah, manusia dengan  manusia, dan manusia dengan alam semesta. 
          Agama Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw adalah agama Islam yang terakhir yang diturunkan Allah kepada manusia.

B.ISLAM DALAM PERUBAHAN MASYARAKAT
           
           Islam dalam arti agama yang disampaikan melalui Nabi Muhammad saw,lahir bersama dengan turunnya Al-Quran empat belas abad lebih yang lalu. Masyarakat jahiliyah adalah masyarakat yang pertama kali bersentuhan dengannya, serta masyarakat pertama pula yang berobah pola pikir, sikap, dan tingkah lakunya, sebagaimana dikehendaki Islam.
            Masyarakat jahiliyah memiliki pola pikir,sikap, dan tingkah laku yang terpuji dan yang tercela. Dalam hal ini, Islam menerima dan mengembangkan yang terpuji, namun menolak dan meluruskan yang tercela. Hasan Ibrahim Hasan menyebutkan beberapa adat kebiasaan mereka yang tercela antara lain:
1. Musyrik (menyekutu Allah) dan penyembahan berhala,
2. Pendukunan dan Khurafat,
3. Mabuk-mabukan dan masih banyak lagi.
           Sedangkan sifat positifnya dicatat oleh Ahmad Amin,seperti:semangat dan keberanian, kedermawanan,dan kebaktian kepada suku.

SYARAT UTAMA PERUBAHAN

            Perubahan dapat terlaksana melalui pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Al-Quran, serta kemampuan memanfaatkan dan menyesuaikan diri dengan hukum-hukum sejarah.
             Al-Quran adalah kitab pertama yang terkenal ummat manusia yang berbicara tentang hukum-hukum sejarah dalam masyarakat dan bahwa hukum-hukum tersebut, sebagaimana hukum alam, tidak mungkin mengalami perubahan.
             Uraian Al-Quran tentang hukum-hukum tersebut adalah wajar, karena sejak semula Al-Quran memperkenalkan dirinya sebagai kitab suci yang berfungsi melakukan perubahan-perubahan positif atau menurut bahasa Al-Quran, Al-Quran dalam hal ini tidak menjadikan dirinya sebagai alternatif pengganti usaha manusiawi, tetapi sebagai pendorong dan pemandu, demi berperannya manusia secara positif dalam bidang-bidang kehidupan.
             Dari ayat-ayat Al-Quran dapat dipahami bahwa perubahan baru dapat terlaksana bila dipenuhi dua syarat pokok: (a) adanya nilai; dan (b) adanya pelaku-pelaku yang menyesuaikan diri dengan nilai-nilai tersebut.
             Manusia adalah para pelaku yang menciptakan sejarah. Yang ditekankan Al-Quran tentang diri manusia bukanlah bentuk lahiriyahnya, tetapi kepribadiannya atau manusia dalam totalitasnya. Menurut Al-Quran nilai-nilai luhur  sekalipun, jika tidak terhayati dalam kepribadian seseorang, tidak akan menghasilkan perubahan apa-apa kecuali selogan-selogan kosong.
             Perubahan yang terjadi pada diri seseorang harus diwujudkan dalam dasar yang kokoh, sehingga perubahan yang terjadi pada dirinya menciptakan arus gelombang yang menyentuh kesadaran orang lain.
             Perjuangan Nabi Muhammad saw disaat mengajarkan Islam adalah dengan meningkatkan kesadaran moral ummat. Beliau mencoba menggubah tatanan sosial melalui keteladanan moral yang baik.











 

1 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    izin Copas YA...

Posting Komentar